Kamis, 05 Februari 2015

cara membuat diagram venn kelembagaan tani



3.1.8.      Bagan Kelembagaan / Diagram venn
Bagan kelembagaan atau diagram venn merupakan salasatu teknik mengkaji keadaan suatu wilayah, untuk mengetahui hubungan, pengaruh, kedekatan, serta manfaat suatu lembaga yang ada di wilayah terhadap masyarakat setempat. Baik lembaga formal maupun non formal.
A. Tujuan :
a.    Menyadari adanya Lembaga – lembaga  yang berpengaruh dalam pembangunan Desa;
b.    Mengetahui tingkat pemahaman masyarkat dalam kelembagaan;
c.    Memahami institusi yang kurang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan penyebab kekurangannya.

B. Ciri :
a.    Mengkaji sistem organisasi desa, ukuran besar  maupun kecil tergantung peran yang dirasakan masyarakat;
b.    Jarak kedekatannya adalah manfaat pelayanan di masyarakat;
c.    Masyarakat sebagai pusat.
C. Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan Penyusun untuk mengetahui bagan kelembagaan , yaitu :
a)      Data profil desa
b)      Alat Gambar
c)      Laptop
d)     Form Pertanyaan dengan Tokoh masyarakat atau petani yang berkaitan
e)      Kertas HVS
f)       Balpoint


D. Langkah Kerja
Langkah kerja yang  dilaksanakan penyusun adalah sebagai berikut :
a)      Mengunjungi kantor desa atau kelurahan;
b)      Mempelajari data monografi desa yang di buat perangkat desa atau kelurahan;
c)      Melakukan  wawancara  semi terstruktur dengan Beberapa tokoh masyarakat;
d)     Anjangsana kepada masyarakat setempat yang masih terabaikan
E. Hasil
BAGAN KELEMBAGAAN / DIAGRAM VENN
Desa Curugrendeng Kecamatan Jalan Cagak Kabupaten Subang

Gambar 7. Diagram venn kelembagaan
Sumber : Data hasil identifikasi kelembagaan
Diagram venn atau yang sering kita kenal sebagai bagan kelembagaan adalah gambaran yang menjelaskan keterkaitan antara masyarakat dengan lembaga swadaya masyarakat, yang ikut andil dalam kegiatan pengembangan pertanian di pedesaan.  Begitupun dengan diagram venn yang penyusun peroleh dari pengkajian kelembagaan yang ada di Desa Curugrendeng.
 Desa Curugrendeng memiliki beberapa jenis kelembagaan yang peran sertanya dirasakan masyarakat Desa Curugrendeng khususnya para petani. Diagram venn atau bagan kelembagaan di atas menggambarkan keterkaitan dan manfaat yang dirasakan masyarakat akan kehadiran lembaga – lembaga  yang ada di Desa Curugrendeng. Peran dan kedekatan hubungan dengan masyarakat serta lembaga lainnya digambarkan dengan jauh atau dekatnya jarak antara lingkaran, selain itu juga besar kecilnya lingkaran menggambarkan besar kecilnya manfaat yang dirasakan masyarakat Desa Curugrendeng. Misalnya kelompok tani di Desa Curugrendeng sangatlah erat hubungannya dengan masayarakat Desa Curugrendeng dan kelompok tani ini dibawah pengawasan seorang penyuluh, dimana penyuluh atau PPL sebagai fasilitator  petani saat ingin memajukan kegiatan usaha taninya, baik dalam kegiatan pemeliharaan tanamannya maupun pemupukan modal bersama mitra usaha dan penyuluh sebagai penghubungnya. Namun sangat disayangkan di Desa curugrendeng tidak ada KUD, oleh karena itu masyarakat banyak bergabung dengan beberapa mitra usaha yang terkadang banyak petani yang rugi dan hanya menguntungkan perusahaan, karena kurangnya pengetahuan petani tentang sistem perjanjian dengan perusahaan atau mitra usaha, seperti di kampung  Cinengah banyak peternak ayam broiler yang dirugikan perusahaan. Selain kelompok tani di Desa Curugrendeng terdapat pula beberapa sekolah dasar, satu sekolah menengah pertama dan satu sekolah menengah kejuruan yang manfaatnya sangat dirasakan masyarakat. Namun hal yang sangat disayangkan dari Desa Curugrendeng adalah kurangnya pos kesehatan yang ada untuk melayani  masyarakat desa. Oleh karena itu di Desa Curugrendeng mulai dibentuk organisasi pemuda Desa Curunggrendeng atau yang sering kita kenal Karang taruna, dengan harapan dapat membantu masyarakat desa.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
Powered By Blogger

Total Tayangan Halaman

Translate

Entri Populer

Berbagi pengalaman , ilmu dan tips-tips menarik

Cari Blog Ini

Entri Populer