Kamis, 05 Februari 2015

cara menyusun programa pertanian



1.2.3.      Penyusunan Programa Penyuluh Pertanian
          Programa Penyuluhan Pertanian adalah rencana tertulis yang disusun secara sistematis tentang rencana kegiatan Penyuluhan Pertanian, yang menggambarkan keadaan sekarang, tujuan yang akan dicapai, masalah yang dihadapi, dan rencana kegiatan penyuluhan yang akan dilakukan secara partisipatif.
A.  Manfaat dan Tujuan
          Praktik Penyusunan programa ini bertujuan untuk melatih siswa dalam menyusun sebuah pedoman  penyelenggaraan penyuluhan pertanian. Memberikan pembelajaran tentang bagaimana pembuatan rencana kerja Penyuluh Pertanian Selama satu tahun yang disesuaikan dengan  kebutuhan dan masalah yang dihadapi petani.


B.  Alat dan Bahan
Alat dan Bahan yang digunakan penyusun dalam pembuatan programa adalah sebagai berikut :
a)         Buku Profil potensi Desa Curugrendeng;
b)        Data Potensi Wilayah/Agroekosistem;
c)         Laptop
d)        Kertas HVS;
e)         Balpoint.

C.    Langkah Kerja
Langkah kerja yang dilaksanakan penyusun adalah sebagai berikut :
a)        Menganalisis Data Potensi Wilayah;
b)        Menganalisis masalah yang ada di Desa Curugrendeng;
c)        Menyusun Rencana Kerja Penyuluhan dalam rangka Pemecahan masalah;
D.    Pembahasan
Programa adalah rencana tertulis yang dibuat oleh seorang penyuluh untuk membuat rencana kerja selama satu tahun untuk menjadi seorang fasilitator masyarakat khususnya petani saat menemukan masalah yang menyangkut kegiatan usaha taninya. Hal ini sama halnya dengan apa yang dilakukan penyusun dalam rangka praktik pembuatan programa Desa Curugrendeng. Programa disusun berdasarkan data dan masalah – masalah yang ada di Desa Curugrendeng, penyusun membuat Rencana Kerja Tahunan Penyuluh ( RKTP ), Rencana Kegiatan Mengikhtiarkan Kemudahan dan Rencana Kerja Penyuluh Pertanian( RKPP ) sebagai rencana tindak lanjut dalam rangka membantu masyarakat Desa Curugrendeng dalam pengembangan dan kemajuan jenis usahanya khususnya dibidang pertanian. Dan untuk hasil programa terlampir pada lampiran nomor 17.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
Powered By Blogger

Total Tayangan Halaman

Translate

Entri Populer

Berbagi pengalaman , ilmu dan tips-tips menarik

Cari Blog Ini

Entri Populer