Senin, 16 Februari 2015

globalisasi teknologi terhadap pendidikan remaja



KARYA ILMIAH
PENGARUH GLOBALISASI TEKNOLOGI TERHADAP PENDIDIKAN REMAJA INDONESIA MASA KINI














Di Susun oleh :
Nama
NIS
Kelas
Tugas Akhir
: Neneng Riska Restiani
: 2012000095
: XII  - Penyuluhan Pertanian
: PKN







SMK PERTANIAN PEMBANGUNAN NEGERI LEMBANG
PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT
JL.Tangkuban Parahu KM.3 Cilumber - Lembang Kab.Bandung Barat 40791
Telp.022-2789348 Fax.022-2786113 Website: www.smkppnlbg.com
Email:admin@smkppnlbg.com
2015


KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum wr.wb

Alhamdulillah puji dan syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan Karya Ilmiah mengenai “Pengaruh Globalisasi Teknologi Terhadap Pendidikan Remaja Indonesia Masa Kini”.
Selama penyusunan karya ilmiah ini penyusun mendapat bimbingan, sumbang pikiran, dan dukungan baik moril maupun materil dari berbagai pihak oleh karena itu pada kesempatan ini penyusun juga menyampaikan banyak  terima kasih setulus-tulusnya kepada :
1.      Dra. Hj. Siti Sadiah Yuningsih, M.M.Pd., Kepala SMK PP Negeri Lembang;
2.      Siti Solihat,S.Pt, Selaku wali kelas XII penyuluh Pertanian;
3.      Dali Setiadi, SP.MP., wakasek Bidang Sarana Prasarana;
4.      Luri Sri Lestari, M.M.Pd., Guru Bidang Studi PKN
5.      Ayah, Ibu dan semua keluarga tercinta yang telah memberi dukungan moril dan spiritual dalam menyusun Karya Inovasi ini;
6.      Dan Rekan - rekan yang telah besedia untuk di wawancara demi kelancaran kegiatan ini.
Namun dalam penyusunan Karya Ilmiah ini dirasakan masih banyak kekurangan. Oleh karena itu saran dan kritik konstruktif sangatlah diharapkan.
Akhirnya, semoga amal baik yang telah diberikan kepada penyusun selama menyusun dan menyelesaikan Karya Ilmiah  ini diterima dan dibalas oleh Allah SWT, dengan balasan yang lebih baik.





Bandung Barat, Februari  2015





                







 
 








ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  dampak dari Globalisasi penggunaan teknologi yang semakin canggih terhadap pendididkan para pelajar remaja indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara terhadap beberapa siswa SMK PPN Lembang serta studi literatur. Variabel yang diamati adalah Psikis Remaja, Gaya hidup remaja serta prestasi remaja. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi mempengaruhi pendidikan dan gaya  hidup para pelajar, yang jika tidak terkontrol dapat berdampak negatif, hal ini menunjukan dapat mengurangi semangat belajar dan kepedulian terhadap lingkungan sosial.


Kata kunci : Globalisasi, Teknologi, Remaja, Pendidikan, Sosial





















BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
             Kita ketahui bersama sebenarnya sejak dulu teknologi sudah ada dan kita sebagai pelajar sudah menggunakan teknologi untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan kita dalam dunia pendidkan melaului teknologi. pelajar menggunakan teknologi dalam mengembangkan pendidikan merupakan cara termudah untuk menambah pengetahuan dan wawasan.
Perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi para pelajar dalam mengakses ilmu – ilmu pengetahuan yang tidak di ajarkan di sekolah.  pekerjaan rumah yang sebelumnya mencari referensi buku di perpustakaan, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis seperti komputer dan gadget yang semakin canggih. Ringkas kata kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. 
Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu agama. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Dan kebutuhan akan handphone bagi remaja Indonesia sudah nyaris menjadi kebutuhan primer. Ke mana saja tujuan mereka pasti tersimpan handphone di saku atau tasnya. Kadang kala mereka tidak menyimpannya, justru menggenggamnya ber-SMS ria dengan temannya. 

1.2. Rumusan Masalah
a.       Apakah yang menyebabkan remaja indonesia demam gadget canggih ?
b.      Dampak apakah yang ditimbulkan oleh globalisasi teknologi terhadap pendidikan remaja ?
1.3. Tujuan dan Manfaat Penelitian
a.       Mengetahui faktor – faktor yang menjadi alasan pelajar remaja tergiur dengan gadget yang mahal dan canggih;
b.      Mengetahui dampak – dampak yang ditimbulkan dari globalisasi teknologi; terhadap pendidikan remaja;
c.       Mengetahui bagaimana cara mengantisipasi dampak negatif dari globalisasi teknologi.
1.4. Uraian gagasan
Remaja Indonesia, dalam era globalisasi ini tidak dapat menghindari derasnya arus perubahan sebagai akibat canggihnya teknologi informasi, telekomunikasi , tatanan sosial zaman sekarang yang mengarah pada dunia maya,serta gaya hidup  yang tinggi . Suka tidak suka, mau tidak mau banyak remaja sekarang harus mengikutinya jika tidak akan ketinggalan dan mungkin disebut remaja kuper. Belum lagi mereka yang menggunakan handphone yang sedang trend akhir-akhir ini. Tiap menit handphone mereka selalu berbunyi, baik mereka sedang di rumah maupun sedang berjalan-jalan bersama keluarga. Saking asyiknya membalas pesan dari temannya yang berada hitungan kilometer dari mereka, mereka tidak sadar kalau sedang mengabaikan acara bersama keluarganya. chatting berasa lebih seru ketimbang ngobrol bersama saudara. Alhasil hubungan mereka dengan keluarga mereka menjadi lebih renggang.  Rasa sosial terhadap lingkungan menjadi tidak ada karena mereka lebih memilih sibuk dengan menggunakan handphone.
                Kemajuan teknologi akibat pesatnya arus globalisasi, merubah pola pengajaran pada dunia pendidikan. Apabila dulu, guru menulis dengan sebatang kapur, Sekarang sudah ada computer. Sehingga tulisan, suara, gambar hidup, dapat digabungkan menjadi suatu proses komunikasi. Sehingga guru ataupun siswa terkesan tak bersemangat dalam proses belajar mengajar tanpa bantuan alat-alat tersebut.
Itulah dampak negatif dari kemajuan teknologi akibat globalisasi. Teknologi mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat. Seharusnya kita sebagai generasi muda Indonesia dapat memerhatikan dampak globalisasi lebih cermat. Mengikuti kemajuan teknologi tidaklah salah, tapi kita harus tetap menjaga etika dan budaya sebagai masyarakat Indonesia agar kita tidak terkena dampak negatif dari globalisasi. Jangan sampai kita ketinggalan zaman, tapi juga berikan perhatian terhadap apa yang terjadi di sekitar kita.










BAB II
METODOLOGI
2.1. Metode Penelitian
             Penelitian dilaksanakan di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang dengan metode wawancara serta study literatur. Penelitian dimulai pada 9 Februari 2015 sampai dengan 15 Februari 2015. Alat dan bahan yang di gunakan adalah sebagai berikut :
a.       Buku catatan
b.      Pulpen
c.       Form pertanyaan
d.      Netbook ( Laptop )

2.2. Landasan Teori
    2.2.1 Globalisasi
Globalisasi adalah suatu proses tatanan sosial yang mendunia dan tidak berbatas atau tak mengenal batas wilayah. Globalisasi  adalah suatu proses dari gagasan yang sengaja dicari dan dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa- bangsa di seluruh dunia. (Menurut Edison A. Jamli dkk.Kewarganegaraan.2005)
Menurut pendapat Krsna (Pengaruh Globalisasi Terhadap Pluralisme Kebudayaan Manusia di Negara Berkembang.internet.public jurnal.september 2005). Sebagai proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Oleh karena itu globalisasi tidak dapat kita hindari kehadirannya. Kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. Pengaruh tersebut meliputi dua sisi yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif.
Dari globalisasi sosial budaya kita dapat meniru pola berpikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin dan Iptek dari bangsa lain yang sudah maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa yang pada akhirnya memajukan bangsa dan akan mempertebal rasa nasionalisme kita terhadap bangsa. Tetapi sebaliknya globalisasi juga berdampak negatif terhadap budaya asli suatu negara yang lambat laun akan menghilang.
    2.2.2 Teknologi
Teknologi Informasi (TI) yang kini berkembang amat pesat, tak bisa dipungkiri memberikan kontribusi yang signifikan terhadap seluruh proses globalisasi ini. Mulai dari wahana TI yang paling sederhana berupa perangkat radio dan televisi, hingga internet dan telepon gengam dengan protokol aplikasi tanpa kabel (WAP), informasi mengalir dengan sangat cepat dan menyeruak ruang kesadaran banyak orang.
Perubahan informasi kini tidak lagi ada dalam skala minggu atau hari atau bahkan jam, melainkan sudah berada dalam skala menit dan detik. Peran Internet tidak bisa dipungkiri dalam hal penyediaan informasi global ini sehingga dalam derajat tertentu, TI disamaratakan dengan Internet. Internet sendiri memang fenomenal kemunculannya sebagai salah satu tiang pancang penanda kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Internet menghilangkan semua batas-batas fisik yang memisahkan manusia dan menyatukannya dalam dunia baru, yaitu dunia “maya”. Setara dengan perkembangan perangkat keras Komputer.
       2.2.4 Pendidikan
Pendidikan ialah sebagai langkah upaya dalam peningkatan pengetahuan dan wawasan seseorang . Hal ini dikarenakan, dengan wawasan kita dapat menghindarkan diri dari cara berpikir sempit dan terkotak-kotak oleh batas subyektif sehingga pemikiran kita lebih berkembang.
Peningkatan kualitas pendidikan bagi suatu bangsa, bagaimanapun mesti diprioritaskan. Sebab kualitas pendidikan sangat penting artinya, karena hanya manusia yang berkualitas saja yang bisa bertahan hidup di masa depan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk peningkatan kualitas pendidikan tersebut adalah dengan pengelolaan pendidikan dengan wawasan global.
Kita dapat melihat sistem pendidikan di negara lain yang telah maju dan berkembang. Dapat membandingkannya dengan pendidikan di negara kita, mana yang dapat diterapkan dan mana yang sekerdar untuk diketahui saja. Kita bisa mencontoh sistem pendidikan yang baik di negara lain selama hal itu tidak bertentangan dengan jati diri bangsa Indonesia.
      Meningkatkan dan memperluas wawasan global merupakan unsur penting untuk memahami masalah global.
BAB III
PEMBAHASAN

3.1 Hasil Dan Pembahasan

Berdasarkan penelitian, Perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi (yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia.Dampak positif dan dampak negative dari perkembangan teknologi adalah sebagai berikut:
dampak positifnya: 
  1. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
  2. Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
  3. Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.
  4. dan lain-lain.
Di samping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal- hal yang negatif, antara lain: 
  1. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas).
  2. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa di salah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
  3. Kecemasan ,contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.
Tapi, selain dampak negatif di atas dari kemajuan teknologi akibat globalisasi, komunikasi dan budaya di Indonesia semakin mengalami kemunduran. Coba kita tengok anak-anak muda jaman sekarang. Hampir semua anak-anak remaja di Indonesia memiliki handphone. Dan kebutuhan akan handphone bagi remaja Indonesia sudah nyaris menjadi kebutuhan primer. Ke mana saja tujuan mereka pasti tersimpan handphone di saku atau tasnya. Kadang kala mereka tidak menyimpannya, justru menggenggamnya dengan jempolnya ber-SMS ria dengan temannya. 
Belum lagi mereka yang menggunakan handphone yang sedang trend akhir-akhir ini. Yaitu handphone merek BlackBerry atau Handphone android lainnya. Tiap menit BB mereka selalu berbunyi, baik mereka sedang di rumah maupun sedang berjalan-jalan bersama keluarga. Saking asyiknya membalas BBM dari temannya yang berada hitungan kilometer dari mereka, mereka tidak sadar kalau sedang mengabaikan acara bersama keluarganya. Ya, chatting berasa lebih seru ketimbang ngobrol bersama saudara. Alhasil hubungan mereka dengan keluarga mereka menjadi lebih renggang. 
Rasanya dunia ini hampa dan kosong bagi mereka yang telah terjebak dalam derasnya arus globalisasi, mereka takut jika mereka ketnggalan satu info saja mengenai sosial media, mereka aka di katatidak gaul. Padahal ada yang lebih penting di bandingkan handphone, yaitu keseriusan dalam belajar, yang kini emaja indonesia lebih rajin nongkrong depan gadget canggih mereka ketimbang di depan buku membaca pelajaran. Dan berdasarkan pendapat salaseorang siswa  SMK PPN Lembang, “ memiliki gadget canggih merupakan impiannya dulu karena bisa menikmati berbagai layanan yang menarik dan bisa tahu teknologi terbaru tersebut, walaupun pada akhirnya ternyata dengan memili gadget canggih justru merasa di kejar penagih hutang setiap kuota internet habis, tidak seperti menggunakan handphone biasa ”
Banyak sekali remaja indonesia  yang rela memaksa orangtua untuk dibelikan gadget – gadget yang canggih, tanpa menghiraukan kebutuhan dan kepentingan orang tua yang begitu banyak. Padahal gadget mahal dan canggih tidak menjadi satu barometer menentukan seseorang gaul apa tidak ataupun berkualitas apa tidak, karena banyak pula remaja yang tidak memiliki gadget canggih serta fasilitas yang super lengkap prestasi akademik serta keuletan mereka melebihi yang memilii gadget canggih, mereka tetap eksis bersama dengan komunitas sosial mereka, semangat utuk bisa  menjadi seseorang yang istimewamesji harus berjalan merayap tanpa teknologi canggih.
Tapi tidak sedikit pula , banyak remaja indonesia yang sudah membagi waktu dengan belajar serta dapat membaca situasi kondisi yang sedang mereka alami, mereka jadikan gadget sebagai sarana menambah ilmu pengetahuan dan berusaha untuk mengikuti zaman sesuai aturan dan tidak melampaui batas, dan berhasil meraih berbagai prestasi yang berlipat.

                                                            












BAB IV
PENUTUP

4.1. Kesimpulan
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. 

Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi- inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.

4.2. Saran

untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, masyarakat harus lebih pintar dalam memilah dan memilih dalam penggunaan teknologi jangan samapai menggangu dan menghambat harapan terbaik kita.

























DAFTAR PUSTAKA

Riska,Neneng dkk. karya ilmiah “ PENGARUH PEMBERIAN DAUN KALIANDRA (Calliandra calothyrhus) DALAM RANSUM TERHADAP PENAMPILAN BOBOT AYAM BROILER (Gallus gallus)” . Bandung barat, 2014
http://kampus.okezone.com/read/2013/03/01/373/769367/mendikbud-pendidikan-ri-tidak-separah-itu
http://rafkind.blogspot.com/2013/05/pengaruh-globalisasi-dalam-pendidikan.html
Idrus, Dr. Ali. 2009. Manajemen Pendidikan Global (Visi, Aksi, dan Adaptasi). Jakarta: Gaung Persada Press.




















RIWAYAT HIDUP


Nama                           : Neneng Riska Restiani
Tempat, tanggal lahir   : Garut, 31 Agustus 1996
Nama Sekolah             : SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang
Kelas                           : XII-Penyuluhan Pertanian
Cita – cita                    : PNS
Hobi                            : Membaca, berorganisasi dan mencari hal-hal baru
Motto Hidup                : “Kerjakanlah dengan percaya diri, hati yang bersih dam lidah yang jujur”
Alamat                                     : Kp. Nyalindung  RT 04/08 Desa Cikole, Lembang
No. Telp                      : 082 240 781 910

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
Powered By Blogger

Total Tayangan Halaman

Translate

Entri Populer

Berbagi pengalaman , ilmu dan tips-tips menarik

Cari Blog Ini

Entri Populer